Minggu, 24 Januari 2016

TIPS Futsal: Cara Ampuh Mengeksekusi Free Kick

1) Shooting langsung

Tentu saja, shooting langsung merupakan salah satu pilihan yang umum dan jelas. Namun, anda harus ingat, bahwa dalam olahraga futsal, terdapat tendangan bebas tidak langsung, dan jika anda mencetak gol dari free kick tersebut, gol anda akan dianulir. Kita sering melihat dalam berbagai kesempatan, seorang pemain mencetak gol dari sebuah free kick dan melakukan selebrasi, dan sesaat kemudian gol tersebut dianulir. Hal tersebut sangat menjengkelkan, jangan sampai anda terjebak. Pastikan bahwa tendangan bebas yang anda ambil adalah tendangan bebas langsung.
Anda masih bisa mencetak gol dari tendangan bebas tidak langsung, namun anda harus berspekulasi untuk mengarahkan bola mengenai anggota tubuh pemain lainnya, atau sarung tangan kiper (kemungkinannya cukup kecil). Apabila anda mengambil tendangan bebas langsung dan berada di jarak yang sesuai, jangan ragu untuk menembak ke gawang. Untuk dapat mencetak gol, anda bisa menendang bola sekeras mungkin, atau mencoba untuk melakukan placing (namun anda tetap harus mengerahkan tenaga dalam tembakan anda).
5-a-side free kick
Kesulitan utama dari shooting langsung adalah apabila tim lawan menggunakan pagar betis yang terdiri dari 2 orang atau lebih, biasanya pandangan anda ke arah gawang akan terhalang dan tembakan anda akan mudah diblok oleh tim lawan.

2) Oper bola kepada teman anda untuk melakukan shooting

Apabila pagar betis terlalu tebal dan anda tidak yakin untuk menembak ke arah gawang, anda dapat mengoperkan bola kepada teman anda yang memiliki sudut pandang yang lebih baik ke arah gawang, seperti di bawah ini:
5-a-side Free Kick 1
Namun, dengan melakukan taktik ini, sang eksekutor tendangan dan si penembak bola harus melakukan latihan lebih, karena dengan melakukan operan, situasi menjadi sedikit lebih kompleks. Si pengoper bola harus mengoperkan bola tepat ke depan dengan laju yang tidak terlalu pelan dan tidak terlalu keras. Jika terlalu pelan, pemain lawan dapat mengintercept operan tersebut, sedangkan jika terlalu keras, kemungkinan besar si penembak bola akan meleset.
Tidak semua pemain dapat menendang bola dalam keadaan bergerak dengan baik, sehingga teknik individu si penembak bola sendiri juga memiliki peran dalam keberhasilan strategi ini. Selain itu, dibutuhkan mental yang kuat, supaya si penembak bola tidak gentar saat akan melakukan tendangan, dan dikerubungi oleh pemain lawan.
Apabila si penembak bola sudah terlanjur terhalang oleh lawan, ia bisa kembali mengoperkan bola kepada rekan setimnya yang bebas, dan dalam posisi siap menembak.
5-a-side Free Kick 2
Nilai plus dari strategi free kick ini, adalah para pemain bisa beradaptasi dengan situasi yang terjadi di lapangan, dan selama para pemain memiliki setim yang bagus, tim anda dapat mengoperkan bola sampai kepada pemain yang memiliki kesempatan terbaik untuk mencetak gol. Namun, ada baiknya jika anda memiliki 2-3 set-play yang bisa anda latih secara rutin dengan rekan setim anda sebagai “patokan”, atau miskomunikasi dapat terjadi di lapangan dan mengacaukan segalanya.

Namun, di samping semua taktik yang anda gunakan dalam mengeksekusi free kick, hal yang paling penting adalah mengelabui lawan dan teknik para pemain.

Mengelabui Lawan

Pernah menonton seorang pesulap? Mereka memukau penonton dengan mengeluarkan kelinci dari dalam topi, saat anda sedang melihat ke arah tongkat ajaib mereka. Sama halnya dengan seorang eksekutor free kick, pemain ini harus bisa mengelabui lawan sehingga mereka kehilangan konsentrasi, dan si penembak bola dapat menceploskan bola ke dalam gawang.
Berikut ini adalah beberapa contoh yang baik dalam mengelabui lawan:
  • Anda bisa bersekongkol dengan satu rekan tim anda, pura-pura mengoperkan bola kepadanya untuk ditembak ke arah gawang, padahal ia mengabaikan laju bola, dan rekan anda yang lain menembak bola ke gawang.
  • Apa bila anda akan menembakkan bola langsung ke arah gawang, anda bisa meminta rekan anda untuk mengambil posisi siap untuk menembak bola dan menatap ke arah yang berlawanan, sehingga membuat lawan kebingungan.
  • Banyak sekali variasi trik lainnya, dari yang biasa, keren, sampai yang konyol seperti di bawah:

Teknik

Teknik memegang peranan penting dalam keberhasilan eksekusi free kick. Anda harus bisa menendang dengan punggung kaki, memberikan sedikit curve/arah belok pada bola dengan kaki bagian dalam, mengoperkan kepada teman anda, dan juga harus anda lakukan dengan baik saat di bawah tekanan.
Saat anda sedang latihan shooting tanpa ada pagar betis, mungkin hal ini terasa mudah. Saat anda sedang berlatih dengan pagar betis, mungkin terasa lebih sulit. Namun di saat tim anda sedang ketinggalan 1-0, dan ada 2 orang pemain lawan di depan anda menutupi gawang, dengan 2 pemain lainnya yang bersiap memotong bola seperti siap mengeroyok anda, hal ini terasa JAUH LEBIH SULIT.
Dan jika free kick langsung/sederhana membutuhkan teknik dan ketenangan mental yang baik, maka hal ini lebih diperlukan lagi saat anda melakukan taktik free kick tidak langsung. Sangat sulit untuk menyepak bola dengan benar di saat bola dalam keadaan bergerak!
Namun, apabila anda memiliki teknik yang luar biasa, anda bisa melakukan APA SAJA, tergantung batas imajinasi anda, dan hukum fisika. Sebagai contoh, sang legenda futsal, Falcao melakukan tendangan bebas legendaris seperti dalam video di bawah:

Demikian beberapa tips dari kami untuk mengeksekusi tendangan bebas. Semoga para pembaca dapat menciptakan gol-gol indah setelah membaca artikel ini! 😀
Share:

0 komentar:

Posting Komentar